Obat Alami Keputihan dari Pekarangan Rumah

Baca Juga

Obat Alami Keputihan dari Pekarangan Rumah



Fakta tentang dan Definisi Keputihan

  • Keputihan adalah cairan yang keluar dari lubang vagina.
  • Beberapa keputihan masih dianggap normal meski infeksinya meningkat kuantitasnya atau perubahan dalam penampilan keputihan.
  • Bakteri vaginosis, kondisi pertumbuhan bakteri yang tidak seimbang secara normal, merupakan penyebab umum keputihan abnormal lainnya.
  • Infeksi seperti trikomoniasis, gonore, dan klamidia (semua PMS); dan infeksi jamur bisa menyebabkan keputihan.
  • Keputihan / pektay dapat dikaitkan dengan gejala lain seperti terbakar atau gatal.
  • Antibiotik diberikan untuk infeksi yang menyebabkan keputihan. Banyak penyebab keputihan bisa kambuh setelah sukses berobat.

Apa itu Keputihan?


Keputihan adalah zat cairan atau semipadat yang mengalir keluar dari lubang vagina. Sebagian besar wanita mengalami keputihan sampai batas tertentu, dan sejumlah kecil keputihan merupakan cerminan dari proses pembersihan normal tubuh. Jumlah dan jenis keputihan juga bervariasi pada wanita dan pada wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi. Perubahan keputihan (seperti bau atau warna abnormal atau kenaikan jumlahnya), atau adanya keputihan yang terkait dengan iritasi atau gejala tidak nyaman lainnya, dapat menandakan adanya infeksi.

Tanda dan Gejala Keputihan / Pektay 


Keputihan dapat berkisar dari yang jelas sampai abu-abu, kuning, kehijauan, atau putih susu dan mungkin berbau tidak sedap. Gejala dan karakter keputihan bergantung pada kondisi spesifik yang menjadi penyebab Keputihan.
  • Bakteri vaginosis: Tidak semua wanita dengan vaginosis bakteri akan memiliki gejala, namun bakteri vaginosis biasanya menghasilkan cairan yang berwarna tipis dan berwarna putih keabu-abuan. Biasanya disertai bau busuk dan amis.
  • Trichomonas: Infeksi Trichomonas menghasilkan keputihan, keputihan kuning-hijau dengan bau yang kuat. Gejala yang terkait dapat mencakup ketidaknyamanan saat berhubungan intim dan buang air kecil, serta iritasi dan gatal pada area genital wanita.
  • Gonore: Gonore mungkin tidak menimbulkan gejala pada separuh wanita yang terinfeksi, tetapi juga dapat menyebabkan panas dengan buang air kecil atau sering buang air kecil, keputihan yang kekuningan, kemerahan dan pembengkakan alat kelamin, dan gatal atau gatal di daerah vagina.
  • Klamidia: Seperti gonore, infeksi klamidia mungkin tidak menimbulkan gejala pada banyak wanita. Orang lain mungkin mengalami peningkatan keputihan dan juga gejala infeksi saluran kemih jika saluran uretra terkena juga.
  • Infeksi ragi vagina: Infeksi ragi vagina biasanya terkait dengan keputihan, keputihan putih yang mungkin memiliki tekstur seperti keju yang lembut. Keluarnya umumnya tidak berbau. Gejala lainnya bisa berupa terbakar, nyeri, dan nyeri saat buang air kecil atau hubungan seksual


Penyebab Keputihan


Dinding vagina dan serviks rahim mengandung kelenjar yang menghasilkan sedikit cairan yang membantu menjaga kebersihan vagina. Kotoran normal ini biasanya berwarna putih bening atau putih susu dan tidak berbau tidak sedap.

Sejumlah infeksi yang berbeda dapat menyebabkan perubahan jumlah, konsistensi, warna, atau bau keputihan.
  • Bakteri vaginosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan pertumbuhan bakteri yang biasanya ada pada vagina. Tidak diketahui secara pasti mengapa ketidakseimbangan pertumbuhan bakteri ini terjadi. Kondisi ini sebelumnya dikenal sebagai Gardnerella vaginitis setelah satu jenis bakteri yang umumnya menyebabkan kondisi tersebut.
  • Trichomoniasis (trich) adalah infeksi oleh parasit bersel satu yang dikenal dengan Trichomonas vaginalis. Infeksi ditularkan melalui kontak seksual.
  • Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) akibat infeksi oleh bakteri yang dikenal dengan Neisseria gonorrhoeae.
  • Chlamydia adalah infeksi menular seksual lainnya (PMS) karena bakteri Chlamydia trachomatis. Meskipun wanita yang terinfeksi mungkin tidak memiliki gejala, keputihan mungkin terjadi.
  • Infeksi ragi (candidiasis) terjadi bila terjadi pertumbuhan berlebih pada ragi di vagina, seringkali karena penggunaan antibiotik atau faktor lain yang mempengaruhi keseimbangan alami bakteri di daerah vagina. Spesies Candida adalah jenis ragi yang paling sering menjadi penyebab utamanya.
  • Sementara Trichomoniasis, gonore, dan Chlamydia adalah contoh penyakit menular seksual (PMS), vaginosis bakteri dan infeksi ragi tidak dianggap PMS.


Perdarahan vagina berbeda dengan keputihan. Infeksi yang tercantum di atas adalah penyebab keputihan abnormal tanpa adanya pendarahan vagina yang signifikan

Kapan Haruskah Anda Mencari Perawatan Medis untuk Keputihan?


Adalah tepat untuk mencari perawatan medis kapan pun pada fase apa saja (warna, bau, konsistensi) atau jumlah keputihan atau jika Anda memiliki gejala lain seperti rasa sakit, terbakar, atau gatal di daerah vagina.

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Penyebab Keputihan?


Setelah meninjau gejala dan riwayat kesehatan Anda, profesional perawatan kesehatan kemungkinan akan melakukan pemeriksaan panggul, yang mencakup pemeriksaan area genital luar dan pemasangan spekulum untuk memeriksa dinding vagina dan serviks.

Bergantung pada pemeriksaan, profesional layanan kesehatan dapat mengambil penyeka dari kotoran vagina untuk kultur atau untuk pemeriksaan di bawah mikroskop untuk membantu menentukan penyebab keputihan.

Obat OTC atau Home remedies apa yang Mengobati Keputihan?


Infeksi ragi dapat diobati dengan menggunakan obat bebas, namun penyebab keputihan lain memerlukan obat resep. Sangat penting untuk menjalani seluruh pengobatan seperti yang disarankan atau direkomendasikan oleh dokter Anda, bahkan jika gejalanya membaik. Jika Anda tidak yakin dengan penyebab keputihan Anda, penting untuk mengunjungi profesional layanan kesehatan untuk menentukan penyebabnya daripada memulai pengobatan OTC jika Anda tidak yakin.

Beberapa alternatif pendekatan medis merekomendasikan douching untuk pengobatan beberapa penyebab keputihan. Namun, douching tidak direkomendasikan oleh kebanyakan dokter. Tubuh memiliki cara alami untuk membersihkan saluran vagina dengan sendirinya, dan douching dapat mengganggu lingkungan normal vagina, yang berpotensi menyebabkan pembengkakan dan bahkan memburuknya gejala. American College of Obstetricians and Gynecologists dan kebanyakan dokter menganjurkan agar wanita menghindari douching kecuali yang ditentukan secara khusus oleh dokter.

Cara Mengobati Keputihan?


Pilihan pengobatan tergantung pada jenis infeksi. Obat antibiotik dan antijamur merupakan pengobatan utama, diberikan baik dalam bentuk topikal, injeksi, atau oral, tergantung pada infeksi tertentu.

Sejumlah obat mungkin efektif dalam pengobatan vaginosis bakteri, termasuk metronidazol (Flagyl), tinidazole (Tindamax), dan krim klindamisin (Cleocin). Obat ini juga efektif dalam pengobatan infeksi trikomonas.

Trichomonas diobati dengan metronidazol (Flagyl) atau tinidazole (Tindamax), diberikan melalui mulut dalam dosis tunggal. Penting bagi pasangan seks untuk dirawat bersamaan untuk menghindari infeksi ulang.

Dulu, penisilin adalah obat pilihan untuk pengobatan gonore tanpa komplikasi. Namun, strain baru gonore telah menjadi resisten terhadap berbagai antibiotik, termasuk penisilin, dan karena itu lebih sulit diobati. Gonore dapat diobati dengan suntikan ceftriaxone (Rocephin) secara intramuskular atau dengan sefiksimal oral (Suprax). Antibiotik lain juga bisa digunakan.

Klamidia biasanya diobati dengan azitromisin oral (Zithromax, Zmax) atau doksisiklin (Vibramycin, Oracea, Adoxa, Atridox dan lainnya).

Infeksi ragi vagina dapat diobati dengan krim topikal seperti butoconazole (Gynazole 1), clotrimazole (Lotrimin), miconazole (Monistat 3, Monistat 5, Monistat 7, M-Zole Dual Pack, Micon 7), dan terconazole (Terazol 3, Terazol 7). Nistatin (Mycostatin, bio-Statin, Nilstat) juga tersedia dalam bentuk tablet vagina. Obat oral seperti flukonazol (Diflucan) juga bisa digunakan jika perlu.

Penting untuk menjalani pengobatan antibiotik atau antijamur penuh sebagaimana yang ditentukan, bahkan jika gejalanya telah hilang. Jika gejalanya kambuh atau bertahan meski ada perawatan, hubungi dokter kesehatan Anda.

Obat antibiotik dan antijamur efektif dalam memberantas penyebab menular utama dari keputihan. Baik gonore dan klamidia, bila tidak diobati, dapat berkembang menjadi infeksi yang lebih parah yang melibatkan organ genital internal, yang dikenal sebagai penyakit radang panggul (PID). PID dapat menyebabkan kerusakan pada saluran telur, ovarium, dan struktur terkait lainnya dan menyebabkan kehamilan ektopik, infertilitas, nyeri panggul kronis, dan konsekuensi serius lainnya.

Bagaimana Jika Pasangan Seks Saya terkena Keputihan dan Terinfeksi PMS?


Dengan infeksi menular seksual seperti gonore, Chlamydia, dan trikomonas, penting bagi pasangan seks wanita yang terinfeksi untuk diperiksa dan dirawat untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Seorang wanita dalam hubungan monogami bisa menjadi terinfeksi kembali jika pasangannya juga tidak diobati.

Bisakah Keputihan Dicegah?


Praktik seks yang aman seperti penggunaan kondom dapat membantu mencegah penyebaran infeksi menular seksual. Tidak mungkin untuk sepenuhnya mencegah infeksi ragi vagina dan vaginosis bakteri, karena kondisinya timbul karena ketidakseimbangan bakteri dan organisme yang biasanya ada di vagina dan penyebabnya tidak sepenuhnya dipahami.

Untuk Konsultasi Langsung


Mengobati Keputihan secara Tradisional


Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan :

  •  Mengobati Keputihan dengan Daun Sambiloto.


Daun Sambiloto dapat mencegah timbulnya peradangan  sekaligus bisa menghilangkan keputihan pada daerah kewanitaan. Untuk mengobati keputihan ambil batang Daun Sambiloto dan rebus menggunakan air mendidih. Konsumsi air rebusan tadi secara teratur agar keputihan sembuh. Untuk mengurangi rasa pahit bisa ditmabahkan madu murni secukupnya.

  • Mengobati Keputihan dengan Sarang Semut

Kandungan Flavonoid, Tanin dan Multi mineral lainnya, terutama kalsium dan seng sangat ampuh untuk mengobati keputihan dan melancarkan haid 

  • Mengobati Keputihan dengan Kumis Kucing 

Sudah lama daun Kumis Kucing dipakai untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan organ pembuangan termasuk didalamnya keputihan. Untuk solusi herbal Keputihan perlu campuran bahan lain seperti daun beluntas, jintan hitam, kemukus  dan air secukupnya. Rebus semua bahan sampai mendidih kemudian minum ramuan ini 2 kali sehari.

Seluruh ramuan diatas telah dikemas oleh DeNature sehingga tidak perlu repot untuk meramunya sendiri.







Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post