/ Undifined / Cara Mengobati Kutil Kelamin secara Medis dan Tradisional

Cara Mengobati Kutil Kelamin secara Medis dan Tradisional

Baca Juga


Kutil kelamin adalah salah satu jenis infeksi menular seksual yang paling umum (IMS). Kutil kelamin adalah gejala infeksi kulit menular di daerah genital atau dubur.

Mereka juga dikenal sebagai kutil kelamin atau condylomata acuminata. Kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

Antara tahun 2011 dan 2014, prevalensi HPV adalah 7,3 persen di antara orang dewasa berusia 18 sampai 69 tahun.


Fakta tentang genital warts
  • Kutil kelamin menular.
  • Mereka disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) yang menginfeksi kulit.
  • Faktor risiko terbesar untuk genital warts adalah seks tanpa kondom.
  • Beberapa kutil kelamin merespons pengobatan topikal dengan baik.
  • 1 dari 100 orang yang aktif secara seksual di Amerika Serikat (A.S.) memiliki genital warts.


Apa itu Kutil Kelamin ?



Kutil Kelamin adalah pertumbuhan berdarah menular pada alat kelamin eksternal atau anus. Ini terdiri dari pertumbuhan berlemak yang ditutupi oleh lapisan luar yang menebal yang disebut epitel.

Kutil ini bisa muncul di sekitar skrotum, anus, dan penis pria, atau vulva wanita, serviks, vagina, atau anus.

Mereka biasanya jinak, yang berarti bahwa mereka tidak mungkin berkembang menjadi kanker. Namun, banyak subtipe berpotensi menjadi kanker.

Sekitar 1 dari 100 orang Amerika yang aktif secara seksual memiliki Kutil Kelamin.

Ada kemungkinan HPV tidak menunjukkan gejala. Kutil kelamin sering muncul sekitar 3 bulan setelah infeksi. Namun, dalam beberapa kasus, mungkin tidak ada gejala selama bertahun-tahun.

Ciri ciri Kutil Kelamin

Kutil kelamin terlihat berbeda dengan jenis kutil lainnya.
Kutil Kelamin mungkin tampak seperti pembengkakan berwarna daging atau abu-abu di daerah genital pasien.
Jika beberapa dikelompokkan bersama, mereka mungkin berbentuk serupa dengan kembang kol.
Beberapa mungkin terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

Penyebab Kutil Kelamin


Kutil kelamin, seperti kutil lainnya, disebabkan oleh lebih dari 100 jenis HPV yang menginfeksi lapisan atas kulit. Hanya sejumlah kecil strain yang bisa menyebabkan Kutil Kelamin.

Mereka yang menyebabkan Kutil Kelamin sangat menular dan ditularkan melalui hubungan seksual dengan orang yang memiliki HPV. Jenis HPV lainnya tidak membawa sifat ini.

Diperkirakan hingga 65 persen orang yang berhubungan seksual dengan orang yang memiliki Kutil Kelamin akan terinfeksi.

Faktor risiko Kutil Kelamin / Kondiloma Akuminata


Berikut ini akan meningkatkan risiko tertular kutil kelamin:


melakukan hubungan seks tanpa kondom
melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan banyak orang
berhubungan seks dengan orang yang riwayat seksualnya tidak diketahui
seks oral
memulai hubungan seksual di usia muda
memiliki stres dan infeksi virus lainnya pada saat bersamaan, seperti HIV atau herpes

Komplikasi Kondiloma Akuminata / Kutil Kelamin


HPV dapat mengubah struktur sel yang terinfeksi dan dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Kanker: Infeksi HPV dikaitkan dengan kanker serviks, serta kanker vulva, anus, penis, mulut, dan tenggorokan. Tidak semua infeksi HPV menyebabkan kanker serviks, namun sangat penting bagi kesehatan jangka panjang seorang wanita sehingga dia menghadiri pemeriksaan Pap reguler.

Masalah kehamilan: Ada risiko kecil bahwa seorang ibu bisa menularkan kutil kelamin selama persalinan. Papillomatosis laring dapat terjadi.

Bayi yang baru lahir dengan papillomatosis laring dapat memiliki Kutil Kelamin di mulut. Perubahan hormonal selama kehamilan juga dapat menyebabkan Kutil Kelamin tumbuh, berdarah, atau berkembang biak.

Diagnosa
Kutil kelamin
Pap smear adalah metode yang jelas untuk mendiagnosis HPV.
Seorang dokter biasanya dapat mendiagnosis kutil kelamin dengan melihat langsung.

Pemeriksaan mungkin melibatkan melihat ke dalam vagina atau anus. Terkadang, dokter mungkin akan melakukan biopsi kutil.

Orang harus pergi untuk pemeriksaan jika:

Mereka memiliki gejala kutil kelamin.
Orang dengan gejala baru-baru ini melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan pasangan baru.
Orang dengan gejala atau pasangannya memiliki hubungan seks tanpa kondom dengan individu di luar hubungan.
Pasangan orang dengan gejala menyarankan agar mereka memiliki IMS.
Pasien memiliki IMS.
Pasien sedang hamil.
Pasien sedang mencoba untuk hamil.
Dokter atau perawat mungkin meminta pasien untuk kembali lagi nanti, bahkan jika tidak ada kutil yang terdeteksi. Kutil yang terlihat mungkin tidak segera muncul setelah infeksi.

Beberapa kutil kelamin sangat kecil sehingga hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan kolposkopik pada serviks dan vagina atau Pap smear. Colposcope adalah alat visual yang digunakan untuk memeriksa serviks secara rinci.

Pengobatan Kutil Kelamin / Kondiloma Akuminata

Krim topikal bisa menghilangkan sebagian besar genital warts. Topikal berarti obat dioleskan langsung ke kulit.

Dokter hanya akan merawat pasien yang memiliki kutil yang terlihat. Jenis pengobatan tergantung pada:

➤ lokasi kutil
➤ jumlah kutil
➤ munculnya kutil

Perawatan berikut ini efektif untuk menghilangkan kutil kelamin:

Obat topikal: Krim atau cairan dioleskan langsung ke kutil selama beberapa hari setiap minggu. Ini bisa diberikan di rumah atau di klinik. Pengobatan bisa berlanjut selama beberapa minggu.
Cryotherapy: Kutil dibekukan, seringkali dengan nitrogen cair. Proses pembekuan menyebabkan luka melepuh di sekitar kutil. Saat kulit sembuh, lesi meluncur turun, membiarkan kulit baru muncul. Terkadang perawatan berulang dibutuhkan.
Elektrokauter: Arus listrik digunakan untuk menghancurkan kutil, umumnya dengan anestesi lokal.
Pembedahan: Kutil dipotong, atau dipotong. Anestesi lokal akan digunakan.
Perawatan laser: Sinar cahaya yang intensif menghancurkan kutil.
Sudah umum bagi dokter untuk menggunakan lebih dari satu perawatan pada saat bersamaan.

Perawatan tidak menyakitkan namun terkadang menimbulkan rasa sakit dan iritasi hingga 2 hari. Orang yang mengalami ketidaknyamanan setelah perawatan dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit over-the-counter (OTC) untuk menghilangkan rasa sakit.

Orang yang mengalami rasa sakit mungkin mendapati bahwa mandi air hangat membantu meredakan ketidaknyamanan. Setelah mandi, area yang terkena harus dikeringkan sepenuhnya. Pasien sebaiknya tidak menggunakan minyak mandi, sabun, atau krim sampai setelah perawatan selesai.

Pengobatan OTC yang ditentukan untuk kutil non-genital tidak sesuai untuk pengobatan Kutil Kelamin.

Kutil kelamin umumnya akan sembuh tanpa pengobatan. Namun, beberapa presentasi kutil kelamin tumbuh dan berkembang biak jika dibiarkan saja.

Mengobati kutil kelamin sangat mengurangi risiko penularan.

Herbal Kutil Kelamin 


Untuk pengobatan secara tradisional banyak yang bisa dipakai untuk membasmi kutil. Salah satunya adalah bawang putih bisa digunakan sebagai obat luar maupun dalam. Untuk pengobatan luar tidak semua kutil bisa dijangkau dengan bawang putih ini, terlebih pada bagian kulit yang sensitif contohnya pada kutil yang terletak didalam vagina.

Pengobatan Kutil dengan Bawang Putih


Ambil sebiji bawang putih lalu di tumbuk atau di geprek hingga hancur. Letakkan hancuran bawang putih tersebut sebesar kutil, letakkan hanya dibagian kutilnya saja jangan sampai menyentuh kulit yang normal karena akan menyebabkan iritasi ( panas seperti terbakar ) pada kulit yang normal. Tutup atau jaga posisinya menggunakan plester atau kain kassa ( perban ). Lebih baik digunakan sebelum tidur dan dilepas ketika bangun pagi semakin lama menempel akan semakin bagus. Ulangi beberapa kali sampai terkelupas sendiri, biasanya memerlukan waktu beberapa hari.

Kutil di Kelamin berbeda virusnya dengan kutil yang ada dibagian tubuh lainnya. Dengan kata lain kutil di tangan takkan menyebabkan / menular ke bagian kelamin. Cara penularannya pun berbeda kutil kelamin paling banyak ditularkan melalui kontak seksual yang tidak aman.

Untuk Pengobatan Kutil kelamin tidak cukup hanya dari luar saja, mematikan virus akan menjaga penyakit ini tidak kambuh lagi dimasa mendatang bahkan mencegah penyakit ini berkembang menjadi Kanker. Banyak kanker yang bisa disebabkan oleh HPV, seperti : Kanker Serviks, Kanker Vulva, Kanker Anus, Kanker Penis dan juga Kanker Orofaring.

Mematikan virus dari dalam bisa dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang  mengandung bahan alami yang bersifat antivirus, anti mikroba dan antibakteri misalnya :

1. Ekstrak Cacing Tanah ( Lumbricus rubellus ), protein dalam cacing tanah memiliki mekanisme antimikroba yang sangat ampuh dalam melawan bakteri / virus  yaitu dengan membuat lubang pori pada dinding sel bakteri yang akan menyebabkan sitoplasma sel bakteri terpapar dengan lingkungan luar yang dapat mengganggu aktivitas sel bakteri dan menyebabkan kematian.
2. Kumis Kucing ( Orthosiphonis folium ) merupakan Antibakteri dan bersifat Diuretik, sehingga bisa untuk pengobatan berbagai infeksi dan juga memperlancar saluran kemih.

Untuk pengobatan kutil kelamin ini harus dilakukan menyeluruh, karena meski gejala luarnya ( biji kutil ) sembuh belum tentu virusnya benar-benar hilang, harus di test laboratorium untuk memastikan bahwa virusnya telah benar - benar hilang.  

Pencegahan Kutil Kelamin

Bersiap dengan perlindungan seksual dapat menjaga Kutil Kelamin / Kondiloma Akuminata.
Untuk menghindari penyebaran kutil kelamin, penting bagi orang yang aktif secara seksual untuk melakukan tindakan pencegahan.

Ini bisa meliputi:

⥤ Tidak melakukan hubungan seksual selama pengobatan
⥤ menggunakan proteksi, seperti kondom atau dental dam
⥤ wanita yang menerima vaksin HPV
⥤ secara terbuka menginformasikan pasangan tentang Kutil Kelamin
⥤ berhenti merokok
⥤ Sangat penting bagi orang yang aktif secara seksual untuk mempraktikkan seks yang aman. Alat kelamin dari kedua pasangan tampaknya bebas HPV karena tidak ada kutil yang hadir. Namun, virus tetap bisa menyebar tanpa gejala yang terlihat.

Pap test dan Kutil Kelamin



Tes Pap, juga dikenal sebagai Pap smear, adalah prosedur untuk menguji kanker serviks pada wanita. Tes ini melibatkan pengumpulan sel dari serviks wanita. Kanker serviks adalah kemungkinan komplikasi infeksi HPV.

Wanita harus menjalani pemeriksaan panggul secara teratur, vaksinasi HPV, dan tes Pap. Ini juga dapat mendeteksi perubahan serviks dan vagina yang mungkin dipicu oleh timbulnya genital warts.

Vaksinasi HPV tidak melindungi terhadap semua jenis HPV. Wanita disarankan untuk terus menghadiri pemutaran setelah vaksinasi.
Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post