Obat Asam Urat TERUJI KLINIS!!

Baca Juga



Apa itu Asam Urat ?


Asam urat adalah radang sendi yang sangat umum. Ini adalah hasil dari terlalu banyak asam urat dalam sirkulasi kita (hyperuricaemia).


Bila kemampuan menyiram asam urat dari ginjal kita sudah terlampaui, yaitu jenuh, maka kadar asam urat dalam darah meningkat. Hal ini mirip dengan menambahkan gula ke dalam segelas air sampai suatu titik ketika tidak lagi larut dan mengendap sebagai butiran.

Cara tubuh mengatur situasi ini adalah dengan membentuk kristal asam urat, yang disimpan ke dalam sendi dan kulit kita. Dalam beberapa hal ini dapat dianggap sebagai menempatkan kelebihan asam urat ke dalam penyimpanan.

Kristal ini biasanya beristirahat di persendian, jauh dari perhatian sistem kekebalan tubuh, di mana tidak menimbulkan rasa sakit atau pembengkakan.

Namun, fluktuasi tiba-tiba dalam kristal asam asam urat dalam penyimpanan, menghasilkan reaksi inflamasi yang parah. Hal ini disebut serangan akut asam urat, yang bermanifestasi sebagai pembengkakan, panas, nyeri dan nyeri pada sendi yang terlibat.

Peradangan akibat serangan Gout ini bisa menjadi proses yang sangat merusak.

Penyebab Asam Urat


Pertama, kita harus mengerti asal asam urat. Sel hewan (termasuk sel manusia) memiliki struktur yang disebut DNA, yang berada di dalam nukleus sel. DNA ini dipecah menjadi konstituennya, disebut asam amino, saat sel mati melalui aksi sistem kekebalan tubuh. Beberapa asam amino ini disebut purin, yang pada gilirannya diubah menjadi bahan kimia lainnya. Tubuh kita mendaur ulang beberapa bahan kimia ini dengan yang tersisa untuk menjadi asam urat, yang dalam beberapa hal merupakan produk limbah yang kemudian diekskresikan oleh ginjal kita ke dalam urin.



Ini adalah proses yang sangat rumit namun dengan konsep ini, Anda mungkin mengerti mengapa penyakit tertentu dikaitkan dengan kadar asam urat yang tinggi. Misalnya, jika seseorang memiliki beban sel mati yang tinggi, seperti yang terjadi pada kanker tertentu atau pada mereka yang menjalani kemoterapi untuk pengobatan kanker, maka lebih banyak DNA dipecah menjadi purin, menghasilkan produksi asam urat berlebih.

Sebaliknya, bila asam urat tidak bisa diekskresikan secara efisien, seperti halnya banyak penyakit ginjal atau karena banyak obat yang mengganggu proses ekskresi ini. Hal ini terutama menjadi perhatian penderita diuretik, yang menghilangkan air dari tubuh kita dengan mengorbankan produk lain seperti asam urat. Jarang, seseorang dilahirkan dengan langkah yang salah dalam metabolisme asam urat, dimana asam urat berkembang pada usia muda, terkadang dikaitkan dengan riwayat keluarga asam gout awal dan agresif yang sangat kuat.

Bila kadar asam urat tinggi dalam sirkulasi maka disebut Hyperuricaemia. Situasi ini juga sangat terkait dengan obesitas. Dipercaya bahwa jaringan lemak meningkatkan produksi asam urat. Hyperuricaemia adalah bagian dari 'sindrom metabolik', yang dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Kita juga mendapatkan asam amino purin dari makanan kita. Diperkirakan 10-15% dari beban purin kita berasal dari makanan. Makanan yang tinggi purin termasuk jeroan, makanan laut (khususnya krustasea), daging merah, dan alkohol.

Gejala Asam Urat

Gejala Asam Urat - Serangan  Asam Urat pertama sering terjadi pada jempol kaki. Secara historis, ini disebut Podagra dan dianggap sebagai 'raja penyakit dan penyakit para raja'. Awalnya biasanya cepat, dengan perkembangan rasa sakit, kemerahan, bengkak dan nyeri tekan yang indah pada sendi yang terkena, seringkali selama beberapa jam. Terkadang faktor pemicu dapat diidentifikasi, seperti pesta mabuk-mabukan alkohol atau makanan kaya purin baru-baru ini, trauma lokal, atau dimulainya pengobatan tertentu. Tanpa pengobatan, serangan asam urat biasanya menetap dalam tujuh sampai sepuluh hari.

Karena tingkat asam urat terus meningkat, serangan menjadi lebih sering, dengan setiap serangan berlangsung lebih lama dan lebih banyak sendi terlibat.

Kadang-kadang peradangan dapat menyebabkan demam, sehingga sangat sulit untuk membedakan dari sendi yang terinfeksi dan sesekali selulitis, yang merupakan infeksi pada jaringan lunak di bawah kulit.

Akhirnya kristal asam urat menumpuk menjadi nodul besar di bawah kulit, disebut tophi, selain kehadiran mereka di dalam sendi. Peradangan yang disebabkan oleh akumulasi kristal ini pada akhirnya menyebabkan erosi tulang-tulang terimbas, mengakibatkan deformitas sendi permanen, dan kadang-kadang ruptur kulit di atasnya yang tophus (yang kemudian berisiko terinfeksi).

Diagnosis gout yang pasti dilakukan dengan menunjukkan adanya kristal asam urat di dalam cairan sendi yang diambil dari sendi. Prosedur ini disebut aspirasi bersama, yang melibatkan penarikan cairan ke dalam semprit melalui jarum yang ditempatkan di dalam sendi.


Seperti disebutkan di atas, sendi kaki pertama yang pertama sering terpengaruh terlebih dahulu tapi sulit untuk mendapatkan sampel dari sambungan kecil seperti itu.


Dokter berpengalaman dapat membuat diagnosis klinis berdasarkan faktor risiko gout, presentasi klinis, dan tes darah, terutama saat ini menunjukkan hiperurisemia dan peningkatan marker inflamasi seperti ESR dan CRP.



Ada peringatan untuk ini. Hal ini tidak biasa untuk melihat tingkat asam urat darah normal selama serangan akut. Oleh karena itu, kadar asam urat darah normal tidak menyingkirkan gout dan harus diuji lagi beberapa minggu setelah serangan encok baru-baru ini.



Pemindaian CT energi ganda adalah teknologi yang relatif baru yang baru-baru ini tersedia untuk mengevaluasi kehadiran kristal asam urat di sendi.



Data awal menunjukkan bahwa spesifisitasnya tinggi (0,93) dan sensitivitas sedang (0,78) (1). Ini berarti bahwa kita dapat dengan yakin menyimpulkan adanya asam urat dengan pemindaian positif, namun pemindaian negatif tidak mengecualikan kondisinya.

Obat Asam Urat


Sebagian besar pasien memerlukan obat untuk mengobati peradangan yang terjadi selama serangan akut. Obat yang dibutuhkan  adalah yang mengandung anti-inflamasi, kortikosteroid dan colchicine.


Ada banyak anti-inflamasi di pasaran dan beberapa yang lainnya memerlukan resep dokter. Anda harus memberi tahu dokter Anda jika Anda sudah memakai berbagai obat bersamaan, jika tidak, Anda mungkin akan menggunakan dua antiinflamasi pada saat bersamaan dan akhirnya mengalami komplikasi yang tidak baik.


Kortikosteroid adalah senyawa yang terbuat dari kelenjar adrenal kita. Kita butuh kortikosteroid untuk bertahan hidup. Ketika tubuh kita mengalami stres, seperti infeksi atau cedera, kelenjar adrenal kita memompa sejumlah besar kortikosteroid untuk meningkatkan metabolisme dan memodulasi reaksi inflamasi sehingga tidak lepas kendali dan mengakibatkan kerusakan pada jaringan tubuh kita. Anda bisa menganggapnya sebagai anti-inflamasi yang bekerja melalui jalur yang berbeda, dengan profil efek samping yang sangat berbeda. Kortikosteroid dapat diberikan sebagai tablet, atau bahkan sebagai suntikan ke dalam sendi yang meradang.


Colchicine adalah obat yang berasal dari tanaman, yang juga digunakan untuk mengobati serangan asam urat. Sebenarnya, serangan akut bisa dibatalkan dengan penggunaan obat ini secara dini. Studi klinis awal menggunakan dosis tinggi untuk mengobati serangan akut (dua tablet setiap dua jam) namun pendekatan tersebut dikaitkan dengan efek samping yang signifikan termasuk mual, muntah, diare, dan beberapa pasien, dehidrasi dan kegagalan multi organ. Studi selanjutnya menunjukkan bahwa dosis yang lebih kecil sama efektifnya (dua sampai tiga tablet sehari) dan memiliki kesempatan efek samping yang jauh lebih rendah. Beberapa formulasi colchicine memiliki nama yang membingungkan seperti Lengout atau Colgout, yang dapat dengan mudah membingungkan dengan Progout, sebuah formulasi allopurinol untuk menurunkan serum asam urat dan digunakan dengan cara yang berbeda.

Semua obat di atas tidak menurunkan kadar asam urat dalam darah. Mereka digunakan untuk mengobati serangan akut asam urat. Mereka juga dapat digunakan selama inisiasi terapi penurun asam urat untuk mencegah terjadinya flare akut.

Pengobatan definitif untuk asam urat adalah mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Obat yang paling sering digunakan untuk menurunkan asam urat adalah allopurinol (Progout, Zyloprim, Allosig, Allohexal). Ini menurunkan kadar asam urat darah sangat cepat dan ini menciptakan gradien untuk asam urat di sendi kita untuk kembali ke sirkulasi dan kemudian dikeluarkan oleh ginjal kita. Dipercaya bahwa gerakan asam urat ini dapat memicu nyala asam urat, yang merupakan fenomena yang sering kita lihat saat pengobatan allopurinol dimulai tanpa pengobatan untuk mencegah terjadinya peradangan.

Oleh karena itu sangat penting bahwa allopurinol dimulai dengan dosis kecil, bersamaan dengan pengobatan pencegahan, seperti anti-inflamasi, colchicine, atau bahkan kortikosteroid dosis rendah. Pendekatan ini bertujuan untuk mencegah timbulnya asam urat sementara allopurinol dimulai dan kemudian meningkat untuk mengurangi kadar asam urat di bawah target tertentu.

Asam Urat Normal

Dosis allopurinol meningkat perlahan setiap beberapa minggu sampai tingkat target asam urat normal, menjadi <0,36mmol / L, tercapai. Seluruh proses mungkin memakan waktu hingga berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. Hal yang paling penting untuk diingat selama periode ini adalah jangan sampai menghentikan allopurinol jika Anda mengalami serangan akut, namun segera beri tahu rheumatologist Anda untuk memberi Anda perawatan ekstra untuk mengatasi peradangan pada serangan akut tersebut.

Begitu tingkat target tercapai, obat pencegahan kemudian ditarik perlahan. Sebagian besar pasien memerlukan pengobatan allopurinol seumur hidup.


Dosis pada masing-masing penderita tidaklah sama. Studi klinis telah menunjukkan bahwa sejumlah besar pasien tidak mendapatkan kontrol yang memadai dengan 'dosis standar' allopurinol, yang diperkirakan 300mg sehari. Jika kadar asam urat Anda terus meningkat meski mengkonsumsi allopurinol, Anda harus menemui rheumatologist Anda, yang akan mengawasi eskalasi dosis allopurinol lebih lanjut atau menambahkan tablet lain untuk menurunkan asam urat.

Obat Asam Urat Tradisional

Banyak bahan dari alam yang bisa digunakan untuk pengobatan asam urat baik sebagai anti radang / anti inflamasi maupun sebagai penurun asam uratnya.

1. Jahe ( Zingiber officinale )

Terkenal sebagai anti inflamasi alami yang sangat bermanfaat untuk meredakan peradangan sebagai efek dari asam urat yang tinggi. Radang dan juga bengkak yang parah tentu sangat menyiksa dan gejala ini bisa terjadi kapan saja pada penderita Asam urat


2. Buah Kepel ( Stelechocarpus burahol )

Merupakan Buah yang istimewa dan terkenal sebagai Buah untuk hidangan para Raja Jawa makanya buah ini sangat jarang ditemukan. Kandungan alkaloidnya sangat tinggi dan efektif untuk pengobatan asam urat. Alkaloid akan larut dalam darah dan menetralisir kadar  ph dibagian sendi dengan cepat.

Pantangan Asam Urat

Dalam masa pengobatan Asam Urat kita hendaknya memperhatikan pola hidup kita agar proses pengobatan ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Mulai memikirkan untuk kembali aktif berolah raga dan banyak mengkonsumsi air putih.

Perhatikan pola makan agar Asam Urat ini tidak semakin parah atau pengobatan Anda akan sia-sia. Berikut beberapa makanan yang harus diperhatikan :

Makanan Penyebab Asam Urat

⇨ Jeroan
⇨ Sayuran spt Bayam, Asparagus, kacang polong dan Jamur meski aman sebaiknya dihindari
⇨ Bir
⇨ Kurangi konsumsi Gula 
⇨ Makanan Laut, seperti Teri, Ikan Kembung, Kerang Sarden, Ikan Asin, Lobster, Udang

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

⇨ Daging dagingan, dipeboolehkan karena kandungan purin masih normal
⇨ Sayur-sayuran selain Bayam, Asparagus, Kacang Polong, dan Jamur

Menjauhi makan Pantangan Asam Urat ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah kita. Meski tidak menyembuhkan Rematik Asam Uratnya  tetapi mengurangi resiko terkena penyakit ini atau menghindari agar tidak lebih parah. 


Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post